Seputar pengertian template blog

Modus Blogger. Kalau dalam artikel terdahulu telah dikupas tentang pengertian sebuah blog, maka pada tulisan kali ini penulis akan sedikit mengupas tentang pengertian sebuah template blog yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dengan sebuah blog itu sendiri. Artinya secara singkat, template blog ini adalah merupakan "wadah" bagi sebuah blog atau website, wadah di sini dapat pula diartikan sebagai sebuah tempat untuk meletakkan dan menyimpan apa saja yang terkandung dalam sebuah blog atau website.

Modus Blogger, template blog

Marilah kita definisikan secara lebih spesifik lagi, seperti uraian berikut ini :

Pengertian Template blog atau website adalah merupakan sebuah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya (seperti misal : postingan, gambar, stylesheet, link website, vidoe dan sebagainya), yang dapat berupa file statis maupun file dinamis semacam program atau aplikasi yang berjalan sebagai sebuah aplikasi web (contohnya style css untuk responsivitas blog).

Kata kunci dari pengertian template blog atau website ini adalah "sebuah desain halaman-halaman blog" yang artinya lebih kepada tata letak atau penempatan dari sebuah isi atau materi blog secara keseluruhan. Sebagai sebuah desain, maka di dalam sebuah template blog ini akan diatur (baik dengan mempergunakan bahasa-bahasa CSS, HTML maupun Query dan Javascript) tata letak bagian-bagian blog mulai dari tata letak header blog, tata letak postingan blog, tata letak sidebar blog sampai kepada tata letak footer blog. Dan dapat pula dilanjutkan dengan tata letak atau penempatan iklan-iklan blog.

Dengan demikian sebuah desain template blog pada dasarnya harus mampu mendesain hal-hal yang berkaitan dengan header blog, postingan blog, sidebar blog sampai kepada footer blog. Dan selanjutnya template blog ini akan mengatur pula desain tampilan halaman-halaman tertentu sebuah blog semacam halaman-halaman statis blog, halaman-halaman contact-me dan lain sebagainya.

Sebuah template blog biasanya dan sudah barang tentu berisikan serangkaian kombinasi script atau kode-kode CSS, HTML, Query maupun Jawascript yang masing-masing berperan untuk menampilkan sebuah tampilan blog yang apik dan teratur serta enak dan sedap dipandang mata (pengunjung). Disamping hal-hal yang berkaitan dengan desain sebuah blog, seharusnya sebuah template blog harus pula berperan sebagai media komunikasi antara blog dengan mesin pencari semacam Google atau Yahoo (Bing). Dan oleh karenanya sudah barang tentu di dalam sebuah template blog akan dimuat serangkaian kode atau script-script Meta Tag yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan semua jenis search engine atau mesin-mesin pencari.

Berkaitan dengan template blog, ada berkembang berbagai macam istilah mulai dari Simple Template, SEO Template, Non Responsive Template sampai kepada Responsive Template. Kesemua jenis template tersebut pada intinya bergantung kepada serangkaian kode atau script-script yang dipergunakan dalam sebuah template blog. Dan hal ini akan penulis bahas dalam artikel-artikel berikutnya.

Kiranya sampai di sini dulu penjelasan tentang seputar pengertian template blog, semoga dapat bermanfaat.

Seputar pengertian template blog
Item Reviewed: Seputar pengertian template blog 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Inilah pengertian dasar Template Blog yang dapat kita pergunakan sebagai bekal dalam menekuni aktivitas di dunia Blogging. Semoga bermanfaat, salam blogger.

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!